Terlambat Trading? Tenang, Kesempatan Trading Selalu Ada

Terlambat Trading? Tenang, Kesempatan Trading Selalu Ada

Pernahkan anda terlambat masuk pasar lalu timbul perasaan yang memaksa anda untuk tetap trading?

Anda tidak sendiri, saya juga pernah mengalaminya ketika mengawali perjalanan karir sebagai seorang trader.

Jika saat ini anda masih seperti itu, semoga postingan ini bisa menyadarkan anda.

Sadarilah, kesempatan trading akan selalu muncul


Jika anda merasa terlambat masuk pasar, jangan memaksakan diri untuk entry. Rubahlah pola pikir anda bahwa kesempatan trading akan selalu muncul dan itu adalah sebuah kepastian.

Saya tahu apa yang ada di pikiran anda, bagaimana jika sinyal telat tersebut hasilnya profit? Tentu anda akan merasa menyesal karena melewati kesempatan untuk profit. Namun ada satu hal yang anda lewati juga, yaitu anda telah melanggar rule trading yang anda buat.

Jika memang telat entry masuk dalam rencana trading anda, maka lakukanlah. Dengan ini anda tetap mematuhi aturan trading karena memang telat entry masuk dalam rencana trading yang anda buat.

Tapi jika tidak, saran saya sebaiknya anda menunggu sinyal entry berikutnya.

Berpikir bahwa sinyal telat tersebut akan mendatangkan profit memang menyenangkan, tapi apakah anda sudah berpikir sebaliknya bahwa sinyal tersebut memungkinkan untuk loss juga? Apakah anda sudah memikirkan berapa jumlah loss yang akan anda terima seandainya suka trading dengan style sinyal telat?

Ada sinyal lewat? Entry boleh dilakukan, dengan syarat...


Telat masuk pasar memang tidak menyenangkan, hal ini masih lumayan sering saya alami karena kesibukan offline terkadang tidak memberikan kesempatan untuk melihat chart. Namun bagi trader yang menggunakan timeframe besar sepertinya hal ini akan lebih jarang dialami, itu karena pergerakan market pada timeframe besar biasanya masih di sekitar level entry yang dilewatkan.

Saya contohkan seperti ini,

Katakanlah saat ini juga ada sinyal buy EURUSD di level 1,0800 dan anda baru melihat sinyal ini satu jam kemudian di level 1,0810.

Selama satu jam, saat anda melihat chart harga hanya bergerak di sekitar level 1,08xx dan berbeda 10 pips dari sinyal entry. Dengan ini anda tahu bahwa harga hanya berbeda 10 pips dan anda bisa memberi toleransi sehingga kesempatan trading ini dapat anda ambil. Anda bisa mengatur ulang position size dengan menambahkan SL 10 pips.

Namun, jika selisih harga sampai 30 pips atau lebih, saran saya sebaiknya menunggu sinyal entry berikutnya.

Bagi saya sendiri, telat masuk pasar lebih baik daripada berujung loss, meskipun loss ini masih berupa kemungkinan dan tentu ada kemungkinan profit juga. Namun mengingat trading forex adalah salah satu bisnis yang akan selalu memberikan peluang trading, saya memilih untuk menunggu sinyal trading berikutnya yang pasti akan datang. Ya, itu pasti.

Salam satu frekuensi.

Sumber gambar:
https://www.pexels.com/photo/person-about-to-catch-four-dices-1111597/

Komentar