Jadilah Trader yang Baik, Bukan yang Benar

Jadilah Trader yang Baik, Bukan yang Benar


Sepintas antara kata baik dan benar seperti memiliki arti yang sama. Dalam kondisi tertentu mungkin sama, namun dalam trading bagi saya artinya sangat jauh berbeda.

Baik dalam hal trading bisa diartikan sebagai melakukan hal yang sesuai dengan aturan yang telah ada atau sudah dibuat.

Benar dalam hal trading bisa diartikan sebagai melakukan suatu tindakan tanpa kesalahan.

Lalu, ketika trading perlukah menjadi keduanya?

Seperti yang kita ketahui, bagaimana pergerakan market ke depan tidak akan pernah ada yang tahu (dan semua hal juga begitu) ke mana dan sampai mana, oleh sebab itu seseorang hanya perlu menjadi trader yang baik, bukan yang benar.

Anda tidak setuju? Sekarang saya tanya,

Seberapa benar analisa anda entah itu teknikal atau fundamental? Beranikah anda menjamin analisa itu benar? Bahkan penjual tutorial sampah atau guru trading yang anda puja dan banggakan tidak ada yang berani memastikan bagaimana gerakan harga berikutnya kan? Kalaupun ada yang menjamin saya jamin analisa itu berisi disclaimer, bla bla bla...

Berbeda dengan hal ini,

Indikator anda sudah memberi tanda harus buy/sell, position sizing sudah dilakukan, stop dan target sudah ditentukan lalu anda masuk ke market dengan rasa percaya diri karena anda sudah melakukan cara trading yang baik, meskipun analisa yang anda lakukan belum tentu benar.

Ya memang begitulah menjadi trader, tugas anda hanya melakukan apa yang anda bisa ketahui saja, seperti: berapa jumlah lot yang harus dibeli/dijual, di mana titik entry, target dan stop. Perkara bagaimana hasilnya biarkan market yang menjawab.

Ingin memaksa market bergerak sesuai kehendak anda? Silakan dicoba :)

Saya yakin bagi beberapa (bahkan banyak) orang tidak setuju dengan apa yang saya buat di sini. Namun ada satu hal yang ingin saya sampaikan: sebagai trader kita cukup melakukan apa yang kita ketahui saat ini.

Komentar