Alasan Mengapa Harus Melakukan Trading 100x

Alasan Mengapa Harus Melakukan Trading 100x

Ketika trading, seringkali trader dibuat terjebak oleh perasaan yang mengatakan sudah merugi, tidak kunjung profit atau sejenisnya, padahal aktivitas trading yang dilakukannya baru beberapa kali saja, bahkan tidak sampai 10.

Pentingnya seorang trader mengetahui Law of Big Numbers


Hukum ini mengatakan semakin sering sesuatu yang sama dilakukan, kemungkinan hasil yang didapatkan akan sesuai dengan ekspektasi yang diharapkan. Lalu apa kaitannya dengan forex trading?

Ketika menggunakan sampel yang sedikit atau trading yang dilakukan masih sedikit, tentu hasilnya masih terlihat bias. Sebagai contoh anggap saja dalam 10x trading didapatkan hasil loss (L) dan profit (P) seperti ini:

L L P L L P L P P L

Didapatkan hasil bahwa terjadi 6x loss dan 4x profit.

Jika dilakukan dalam jumlah besar katakanlah 100x kali, maka akan didapatkan hasil 60x loss dan 40x profit. Angka ini dapat dirubah menjadi persentase sehingga ekuivalen dengan loss 60% dan profit 40%.

Secara hitung-hitungan, hasilnya tentu saja masih rugi. Di saat seperti ini risk reward ratio dalam trading sangat diperlukan. Seperti pembahasan sebelumnya, sangat diharuskan setiap kali trading memperhitungkan resiko terlebih dahulu dan menggunakan risk reward ratio 1:2. Dengan menggunakan data di atas, maka akan didapatkan hasil:

(2 x profit) - loss = (2 x 40%) - 60% = 20%

Dalam kondisi merugi sekalipun ketika menggunakan risk reward 1:2 maka akan tetap mendapatkan keuntungan/profit.

Alasan utama lainnya mengapa harus trading (paling tidak) 100x adalah untuk mendapatkan angka keberhasilan teknik trading dalam bentuk persentase. Bukankah persentase itu per 100, betul kan?

Akhir kata


Jika saat ini anda masih merasa rugi dengan hasil trading yang didapatkan, bisa jadi karena kemungkinan berikut:

  • Jumlah trading berkualitas yang masih sedikit
  • Kurang cocok dengan teknik trading yang digunakan
  • Teknik trading yang tidak profitable
  • Risk per trade terlalu tinggi
  • Risk reward ratio yang kurang baik

Ada tambahan? Silakan isi di kolom komentar.

Sumber gambar:
https://www.pexels.com/photo/white-dices-on-checked-wood-122427/

Komentar