Wipe dalvik cache, solusi mengatasi Insufficient Available Storage

Wipe dalvik cache, solusi mengatasi Insufficient Available Storage
Faktanya rajin membersihkan cache tidak akan memberikan ruang lebih pada ponsel android. Sudah saya lakukan dari cara otomatis sampai menggunakan cara manual yaitu membuka satu per satu aplikasi dan membersihkan cache namun tetap saja saya tidak bisa untuk update aplikasi pada ponsel saya. Tidak sampai di situ, beberapa aplikasi yang rakus memakan space juga sudah saya hapus salah satunya chrome. Tetapi tetap saja aplikasi tidak bisa saya update dan muncul pesan Insufficient Available Storage.

Selain masalah di atas, sebenarnya saya juga ingin sekali menghapus bloatware (aplikasi bawaan) yang tidak penting. Tentu saja untuk dapat melakukan hal ini sebelumnya ponsel harus dalam keadaan root dulu, salah satu prosedur yang paling ditakuti sebagian besar pemilik ponsel android hehehe.

Sebelumnya saya sudah pernah melakukan root pada ponsel saja. Hanya saja setelah beberapa hari ponsel saya sering menjadi freeze, semacam lag, ponsel menjadi tidak responsif. Contohnya begitu menekan power ponsel tidak seketika menyala. Dugaan saya kemungkinan karena terlalu banyak utak-atik sistem sehingga terjadi crash. Nah karena masalah ini juga saya malas untuk melakukan root. Saat ini saya melakukan root lagi ke ponsel saya, hanya untuk keperluan menghapus bloatware saja dan tentu saja untuk mengatasi tidak bisa update aplikasi.

Setelah saya cari di internet sebagian besar banyak yang menyarankan untuk install aplikasi link2sd. Karena masih trauma dengan masalah rooting sebelumnya, saya cari alternatif yang lain. Apa daya sepertinya tidak ada solusi.

Karena ponsel sudah dalam keadaan root, iseng saya masuk ke recovery mode, nah di sana di bagian options ada pilihan untuk wipe dalvik cache, setelah itu restart. Akhirnya ponsel saya bisa update aplikasi lagi.

Untuk menemukan menu wipe dalvik cache, pertama ponsel sobat harus dalam keadaan root dulu. Saya sendiri menggunakan CWM. Dari menu CWM masuk ke options dan di sana bisa sobat temukan menu untuk wipe dalvik cache. Lalu langkah terakhir restart.

Berdasarkan pengalaman saya, wipe dalvik cache tidak akan menghapus aplikasi, hanya menghapus sebagian setting aplikasi.

Ya, tidak semua aplikasi harus sobat atur ulang, hanya beberapa saja. Saya sendiri hanya mengatur ulang suara notifikasi gmail, bbm, whatsapp dan meta trader saja. Selain itu tidak ada.

Nah sekarang bisa sobat coba juga untuk mengatasi Insufficient Available Storage agar bisa update aplikasi kembali.

Catatan:
Saya sendiri tidak menjamin cara diatas berhasil pada tiap orang, Saya sebagai penulis tidak bertanggung jawab apabila terjadi kerusakan.

Sumber gambar:
http://id.mobogenie.com/download-superuser-680791.html

Komentar

Posting Komentar