Tips blogwalking yang efektif


Blogwalking ada kegiatan yang rutin dijalankan oleh para blogger. Ada banyak keuntungan yang didapat dari kegiatan blogwalking, antara lain adalah menambah backlink sekaligus menambah teman sesama blogger. Selain itu bagi saya sendiri aktivitas blogwalking ternyata lumayan banyak memakan waktu, jadi bisa dikatakan blogwalking cocok digunakan untuk menghabiskan waktu luang, daripada bengong gak jelas haha.

Berkaitan dengan postingan saya sebelumnya, yaitu sempat vakum ngeblog selama 4 tahun, dan aktif kembali beberapa hari yang lalu, ternyata membuat kesan yang mendalam bagi saya. Sebagian besar blog yang saya kunjungi dan komentari ternyata sudah expired, sisanya hilang entah ke mana. Sungguh sayang sekali rasanya, padahal dari blog saja kita bisa mendapatkan teman, baik itu lawan jenis atau sesaman jenis.

Dan sisanya lagi membuat saya salut dengan beberapa teman blogger yang pernah saya kunjungi, ada yang sudah pindah menggunakan domain dan hosting berbayar, sebagian lagi tetap posting meskipun terakhir postingnya setahun yang lalu. Tapi tetap salut dengan blogger yang bisa konsisten seperti itu.

Maka dari itu, timbul ide untuk memberikan tips kepada sobat blogger semua bagaimana cara blogwalking yang efektif. Sebenarnya bagaimana maksud dari blogwalking yang efektif itu? Oke akan saya jelaskan.

Maksud saya blogwalking yang efektif itu adalah mengunjungi blog yang sekiranya bloggernya masih aktif, jadi kemungkinan ada kunjungan balik. Bila tidak begitu mungkin dari sekian blog yang sobat kunjungi hanya ada beberapa kunjungan balik.

Lalu bagaimana caranya? Caranya gampang, pertama carilah topik yang sekiranya sobat suka, contoh saya di sini adalah pengalaman pertama kuliah

Buka google.com lalu search pengalaman pertama kuliah, maka akan muncul seperti di bawah:


Klik search tools, any country pilih Indonesia, Any Time pindah ke Past Month:


Google akan menampilkan web/blog bahasa Indonesia yang update selama sebulan terakhir. Saya rasa bulan sudah menjadi hitungan minimal untuk blogwalking.

Nah jadi begitu tips singkat untuk mendapatkan kunjungan balik, sekaligus mendapatkan teman, semoga bermanfaat.

Sumber gambar:
https://jalantikus.com/tips/4-manfaat-blogwalking-untuk-para-blogger/

Komentar

  1. Adalamualaikum
    Tips efektif banget kita bisa dapat kunjungan balik dan tambah ilmu serta sahabat.

    BalasHapus
  2. Wah, saya udah lama nih gak berkunjung kesini, hahaha...
    Blogging itu emang paling asik deh, selain bisa dapet banyak info, bisa dapet banyak temen baru juga :D

    BalasHapus
  3. cara baru nih sob, makasih sarannya nanti dicoba.

    BalasHapus
  4. wah wah terimakasih atas kunjungan sobat kembali...heeee

    BalasHapus
  5. Welcome back to blogosphere

    BalasHapus
  6. Iya, setelah sering blagwalking kalo sore jadi ngerasa punya banyak temen, bisa tau cerita temen-temen yang lain.. :)

    BalasHapus
  7. blog walking: mudah dan bermanfaat

    BalasHapus
  8. blogwalking balik... hehehe...
    memang salut ama yg konsisten ngeblog deh... :D

    BalasHapus
  9. Iye, banyak blog2 yang dulu jadi media silaturahmi hilang!

    BalasHapus
  10. thanks tipsnya yaa,,berguna banget buat saya yang sering banget malas buat bw hehe

    BalasHapus
  11. Waah, iyaaaa.... Banyak teman lama saya (di dunia maya) yang sudah nggak aktif ngeblog.... Padahal blog mereka bagus....

    BalasHapus
  12. ternyata minta bantuan mbah goggle..ya...tapi blog yg aktif update..belum tentu adminnya aktif blogwalking juga loh...harus cermat memilih blog yg adminnya rajin blogwalking..... agar blogwalking kita tidak sia2.......keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

    BalasHapus
  13. Kalau saya blogwalkingnya ya kesana kemari, dari membuka satu blog kemudian mengunjungi blog - blog yang berkomentar di blog yang saya kunjungi tadi. Kalau mau mencari blogger aktif cari saja posting terbaru dari blog yang sobat kunjungi. Biasanya orang yang berkomentar disitu juga blogger aktif, otomatis bisa mendapatkan kunjungan balik :)

    BalasHapus
  14. Kalau tips dari saya sih sederhana mas, mainnya kaya robotnya google, berkunjung saja ke blog kawan blogger yang paling paling aktif posting (satu blog saja) dan dari sana lihat siapa saja yang komentar, nah yang komentar2 itu biasanya blogger2 yang lagi aktif1-2 hari ini, jadi bila dikunjungi kemungkinan dapat kunjungan baliknya lebih gede, hehehehe

    BalasHapus
  15. Tipsnya menariiiiik ;)
    Selamat ngeblog lagi ya, Mas. Semoga nggak vakum lama lagi. Hehehe

    BalasHapus
  16. salam kenal juga, terima kasih sudah berkunjung ya ;)

    BalasHapus
  17. sob, ada kajian singkat nih tentang amal, hehe, sekali sma kunjungan blogger, di tunggu visit back nya.

    Download Pengajian

    BalasHapus
  18. Aih.. menginspirasi sekali.. aku sebenarnya ga begitu tahu apa yang aku suka. tapi akan selalu baca blog orang yg baru saja mengunjungi blogku sapa tau bisa dapet pencerahan, melihat postinganmu, jadi ada inspirasi.. Terima kasih dan salam kenal :)

    BalasHapus
  19. Akhirnya sampai sini juga....he..he..he....kunjungan balikku...:)

    BalasHapus
  20. siap dicoba mas bro tipsnya
    makasih, klo ada waktu mampir ke kita ya...

    BalasHapus
  21. wah cara baru nih buat BW ^^ patut dicoba~

    BalasHapus

Posting Komentar