Menghubungkan Nexus 5 dengan USB OTG tanpa root

Banyak pertimbangan ketika saya ingin mengambil smartphone besutan google, Nexus 5. Salah satunya fitur yang amat penting untuk saya yaitu OTG. Apa itu OTG? Singkatnya OTG adalah fitur dari smartphone yang mampu untuk membaca isi flashdrive/flashdisk, melalui kabel OTG tentunya, ya kurang lebih kira-kira begitu penjelasannya. Apakah semua smartphone mendukung fitur ini? Sejauh yang saya ketahui Samsung dan Asus sudah dari dulu mendukung fitur OTG tanpa perlu otak-atik alias tinggal tancap saja. Nah bagaimana dengan Nexus dan smartphone lainnya? Sementara saya berpendapat semua smartphone sudah support OTG, hanya saja tidak semua kernel mendukung format NTFS.

Berdasarkan kitab Tatang Sutarman yang saya baca, secara default system android hanya mampu membaca format FAT saja, sementara sisanya sudah dimodifikasi dari vendor smartphone dan bisa membaca sytem NTFS. Khusus untuk Nexus 5, agar bisa membaca USB dari kabel OTG sebelumnya flashdisk sobat harus diformat terlebih dahulu. Caranya adalah sebagai berikut.

Buka CMD, lalu ketikkan kode:

format /FS:FAT32 X:

Di mana X sendiri adalah lokasi/letter flashdisk sobat.

Saya contohkan dengan gambar di bawah:
Menghubungkan Nexus 5 dengan USB OTG tanpa root
Drive letter flashdisk saya adalah F (pastikan flashdisk sudah tertancap), setelah itu tekan enter untuk memulai proses format. Melakukan format berarti seluruh isi di flashdisk akan hilang.

Done! Cobalah untuk menghubungkan flashdisk ke smartphone sobat via kabel OTG. Saya sendiri menggunakan aplikasi ES Explorer:
Menghubungkan Nexus 5 dengan USB OTG tanpa root
Flashdisk saya terdeteksi dengan nama USB1002.

Cara ini dilakukan tanpa harus root terlebih dahulu, sangat aman dan ampuh digunakan bagi smartphone yang tidak memiliki external memory.

Masih bingung dengan cara diatas? Silakan ajukan pertanyaan di kolom komentar.

Sumber gambar:
http://openfanatics.blogspot.co.id/2012/11/tutorial-setting-usb-otg-di-smartphone.html

Komentar

  1. dgn catatan, HANYA FLASHDISK USB DENGAN SIZE UNDER 32-64GB

    BalasHapus

Posting Komentar