1 alasan mengapa android harus root


Setelah saya cari dan cari, ternyata penyebab tidak bisa update dari play store atau muncul pesan insufficient storage available bukanlah karena belum melakukan wipe dalvik cache (seperti post sebelumnya). Melakukan wipe memang sedikit membantu agar ponsel kita dapat update atau download aplikasi baru dari play store. Tapi saya jamin cara itu tidak akan bisa bertahan lama. Terbukti dari aplikasi whatsapp saya tetap saja tidak bisa update. Padahal sekitar tiga aplikasi sudah saya hapus hanya untuk sekedar bisa update whatsapp. Tapi nyatanya untuk update kurang dari 1mb saja tidak bisa. Padahal aplikasi yang saya hapus size-nya sekitar 10mb. Kok bisa?

Penyebab dari semua masalah ini adalah karena adanya log yang tersimpan di dalam folder root ponsel android, tepatnya di data > log. Nah masalahnya lagi file log yang tersimpan di sini tidak tanggung-tanggung ukurannya.

Oke sebelum lanjut ada yang belum tahu apa itu file log? Saya kira sobat tidak asing lagi dengan file log, biasanya kalau di windows berekstensi dot ini atau dot log, dan di dalam file itu tersimpan semacam catatan apa saja aktivitas yang telah kita lakukan di pc/laptop.

Jika file log di windows ukurannya kurang dari 1mb, bahkan saya berani jamin sangat jarang yang lebih besar dari 500kb, bagaimana dengan file log di android? Agar lebih percaya bisa sobat lihat hasil capture dibawah:
1 alasan mengapa android harus root
Saya tidak sedang bercanda, size log android sama dengan 1 aplikasi bahkan lebih! Jadi sobat sekarang sudah tahu penyebab tidak bisa update aplikasi, karena space memori terkuras karena file tidak penting ini. Ya benar, sangat tidak penting bagi saya. Saya ingat betul ketika pertama kali menghapus semua file tersebut, kurang lebih sekitar 400mb sampah berhasil saya hapus.

Agar ponsel sobat dapat update aplikasi kembali, caranya gampang saja. Hapus semua file yang ada di folder log, bila perlu restart ponsel lalu coba install atau update kembali aplikasi yang sobat inginkan.

Nah masalah muncul lagi, bagaimana cara masuk ke folder log? Sayangnya untuk dapat mengakses folder log, ponsel sobat harus dalam kondisi root. Dan itulah alasan mengapa android harus root.

Saya sendiri tidak menganjurkan untuk mencoba rooting jika belum paham betul, atau belum betul-betul paham. Banyak yang bilang root memang enak. Memang, tapi dibalik semua itu sobat harus siap apabila sewaktu-waktu terjadi bootloop alias ponsel tidak bisa menyala, stuck di logo saja, nah loh.

Oke sekiranya hanya itu saja dari saya untuk kali ini. Semua ini berdasarkan pengalaman saya sendiri, hasil mungkin berbeda pada setiap pengguna. Dan seperti biasa apabila masih ada pertanyaan silakan isi di kolom komentar.

Smartphone for smartuser, right? :D

Sumber gambar:
https://www.mobogenie.com/download-how-to-easy-root-android-2737159.html

Komentar

  1. Infonya bermanfaat bli made,
    salam bloger bali, mon ade waktu berkunjung malih ke blog tyge bli

    BalasHapus
  2. ow giti cara root andridnya seperti apa ya ...

    BalasHapus

Posting Komentar