Lima kelebihan menggunakan TLD


Jika teman-teman sekarang masih menggunakan domain gratis atau subdomain, saya yakin pasti berpikir dua kali untuk membeli TLD, apalagi orang seperti saya yang penuh perhitungan alias tidak mau rugi. Oh iya ada yang belum tahu apa itu TLD? TLD adalah singkatan dari Top Level Domain. Jadi TLD itu seperti .com, .net, .org, .biz dan sebagainya yang bukan domain gratis. Jadi kalau bukan gratis, berbayar donk? Pastinya! Dan biasanya kita enggan dengan yang namanya berbayar, betul tidak? Tapi coba sekarang pikir, bagaimana jika keuntungan yang kita dapat dari menggunakan TLD lebih dari biaya yang kita keluarkan untuk membeli domain? Untuk itu bagi teman-teman yang masih ragu menggunakan TLD silakan simak pengalaman saya tentang menggunakan TLD dan berbagi rahasia lima kelebihan menggunakan TLD.

Maaf sebelumnya, jujur saja postingan ini tidak ada maksud menyinggung siapa-siapa, terlebih bagi teman-teman yang masih menggunakan domain gratis, di sini saya hanya ingin berbagi pengalaman dengan TLD, oke? Lanjut...

Saya juga dulu menggunakan domain gratis dari blogspot, mdgelgel.blogspot.com adalah awal dari www.madegelgel.com. Jadi begini ceritanya sampai saya menggunakan TLD...

Dulu, ketika awal-awal tahu internet, saya sering melihat informasi bagus yang ada di blog orang lain. Sekian lama waktu itu berjalan entah kenapa saya jadi ingin membuat blog. Singkat cerita, mdgelgel.blogspot.com berkibar.

Awalnya hanya berisi cerita keseharian saya. Lalu entah kenapa lama-lama malah terfokus untuk Make Money Online dari blog. Sejak itulah saya giat mencari informasi bagaimana cara mendapatkan penghasilan dari blog. Usaha ini tidak sia-sia dan akhirnya saya berkenalan dengan Google Adsense.

Belum puas, saya ingin blog ini bisa menghasilkan $$$. Karena blog ini menggunakan bahasa Indonesia, jadi saya tidak berani memasang iklan Adsense di sini. Solusinya saya menggunakan PPC lokal.

Bisnis PPC lokal berjalan, namun saya tetap belum puas juga. Keinginan meraih $$$ lebih banyak sungguh berkobar di hati. Lagi-lagi keadaan ini harus memaksa saya untuk blogwalking.

Singkat cerita, dari hasil blogwalking ke sekian kalinya saya banyak mendapatkan informasi yaitu jika ingin mendapat penghasilan lebih banyak dari blog, gunakanlah TLD. Saya tidak cepat percaya, bukankah domain itu sama saja? Bukankah sama-sama memiliki peluang untuk mendapatkan $$$? (Tunggu jawabannya di akhir postingan).

Syukurlah hasil dari bisnis PPC lokal yang saya ikuti ternyata cukup untuk membeli domain. Dan postingan "Welcome to MadeGelgel.com" adalah awal blog ini menggunakan TLD.

Ternyata benar, menggunakan TLD keuntungannya jauh lebih besar daripada menggunakan domain gratis. Hal ini sudah saya rasakan. Bagaimana tentang rahasia yang tadi? Oke saya berikan. Inilah lima kelebihan menggunakan TLD:
  • URL blog lebih singkat dan mudah diingat orang, tapi tentu saja ini tidak seluruhnya benar. Bisa saja jika sengaja ingin memilih nama domain yang susah untuk diingat (jarang ada orang seperti ini).
  • Lebih keren, betul tidak? Tapi ini hanya pendapat saya pribadi hehehe...
  • Terlihat lebih serius mengelola blog. Ini bersifat relatif, banyak blogger yang menggunakan domain gratis tapi serius juga mengelola blog
  • Bisa membuat email dengan akhiran domain sendiri, misal: email@madegelgel.com
  • Peluang berpenghasilan lebih banyak. Untuk yang satu ini silakan lihat bukti di bawah
Kebanyakan bisnis internet hanya memperbolehkan TLD. Walaupun bisa menggunakan domain gratis atau subdomain, peluang untuk mendapatkan penghasilan bagi saya lebih kecil dan tergantung dari bisnis yang kita ikuti.

Untuk bukti lima kelebihan menggunakan TLD, silakan baca postingan saya yang bejudul "Bayaran pertama dari Perfect Money" dan "Bayaran kedua dari Perfect Money". Jelas di postingan tersebut saya mengatakan Perfect Money hanya memperbolehkan menggunakan TLD.

Dan ini yang satu lagi, yaitu bisnis review yang saya ikuti di Sponsored Reviews. Screenshot di bawah adalah penghasilan dari blog ini dari bulan Januari kemarin:

Perhitungan
  • Harga domain rata-rata 50 ribu sampai 90 ribu rupiah, anggap saja Rp 100.000. Jadi pengeluaran kita selama setahun untuk domain adalah Rp 100.000
  • Keuntungan yang kita dapat dari TLD selama 3 bulan: > $100, anggap saja $100 pas, Jika dirupiahkan anggap Rp 1.000.000
  • 1 tahun ada 12 bulan, jadi 12 bulan dibagi 3 bulan = 4 bulan
  • Total pendapatan selama setahun: ($100 x 4) - Rp 100.000 = hitung sendiri hehehe...
Penghasilan itu hanya dari review, belum lagi jika pendapatan kita lebih dari $100 atau mengikuti bisnis yang lain seperti Perfect Money (sayang tidak membayar lagi). Untuk masalah biaya internet, saya sendiri menggunakan hotspot di kampus, jadi biaya untuk online dan update bisa ditekan.

Kesimpulan saya adalah peluang untuk menghasilkan $$$ dari TLD lebih banyak dari mengggunakan domain gratis. Dan ingat ini hanya bersifat relatif! Mengapa begitu? Karena ini tidak berlaku untuk bisnis CPM. Inilah jawaban dari pertanyaan yang tadi.

Screenshot diatas hanya sebagai bukti dan untuk memotivasi teman-teman semua, tidak ada maksud untuk menyombongkan diri. Dari hasil ini setidaknya kita sebagai mahasiswa bisa membayar keperluan kuliah sendiri tanpa merepotkan orang tua.

Nah dari cerita saya diatas apakah diantara teman-teman ada yang ingin menggunakan TLD? Atau jika lima kelebihan menggunakan TLD belum lengkap, mungkin ada yang menambahkan?

Sumber gambar:
http://easy-web.co.uk/top-level-domains/

Komentar

  1. Setuju bos made, saya beberapa kali di tolak oleh "juragan dollar" hanya karena blog saya blog gratisan (sialan mereka hehe....). Pokoknya mantab postinganya hehe....

    BalasHapus
  2. oke...saya akan coba..

    thx..

    BalasHapus
  3. wiiih TLD itu .com yaa???

    BalasHapus
  4. posting keren boss, cuman punya gue kq ppcnya gak nambah2 ya? kurang promosi kali ya? terus bagi pengalaman ya...

    BalasHapus
  5. Setelah membeli domain...iklan udah punya..optimalisasinya yang bikin bingung...ada saran gak made. thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo teguh, maaf baru dibalas

      optimisasinya bisa menggunakan sumber trafik dari sosial media, karena menurut saya saat ini teknik itu sangat ampuh sekali

      bila ada pertahannya yang harus segera dijawab bisa langsung ke contact person, terimakasih :)

      Hapus

Posting Komentar