5/02/2009

Kabupaten Jembrana

jembranaSebenarnya dari sejak pertama kali blog ini berkibar, saya sangat ingin membuat tulisan tentang tempat di mana saya lahir dan pertama kali berpijak. Kabupaten Jembrana, yang terkenal dengan relasinya dengan negara Jepang ini kini sudah tak seperti dulu lagi. Sangat terasa perbedaan bagi orang yang jarang keluar seperti saya. Jembrana yang dulu dikenal dengan tempat anti rekreasi dan hiburan, kini sepertinya sudah menjadi angin lalu. Lihat saja candi megah di daerah kantor bupati Jembrana yang siap menyambut kedatangan anda. Baru-baru ini juga sepertinya ada pasar sore yang buka dari jam 4 sore sampai jam 10 malam. Pokoknya benar-benar tampil beda! Berikut ini beberapa gambar yang sempat saya jepret di daerah sekitar kantor bupati Jembrana.

Taman kota sepertinya tak asing lagi bagi warga Jembrana. Lihat saja hamparan rumput yang luas dan hijau, bagai surga di kabupaten ini.



Nah yang ini kantor bupati Jembrana. Keren khan?



Di sebelah selatan, terlihat patung megah yang berdiri kokoh di tengah-tengah kolam taman kota Jembrana.


Yang di atas itu emas atau bukan yah? Maunya sih saya ambil tapi takut ditangkap polisi, hehehe...

Setiap sore biasanya ada kegiatan senam untuk para lansia. Kebetulan sempat saya jepret nih...


Yang ini saya gak tahu tugu atau monumen apa. Yang saya tahu ini adalah hasil kerja sama dengan Jepang.

Kejauhan ya? Maksudnya biar kelihatan orang senamnya. Lumayan lho numpang terkenal di BLOGnya Made Gelgel, hehehe...

Di seberang jalan, Sebenarnya ada bangunan lagi, tapi saya gak tahu mau jadi apa. Dengar-dengar sih mau jadi Twin Tower kabupaten Jembrana. seperti pusat perbelanjaan gitu dech...


Walaupun belum jadi, tapi di kolam Twin Tower sudah dimanfaatkan sebagai sarana rekreasi air. Orang Jembrana sering bilang "bebek-bebek'an". Jujur saya sendiri belum pernah naik bebek yang ini. Sebenarnya ada lagi lho, odong-odong. Tapi saya gak sempat foto, hehehe...


Soal pasar buka tutup, di jalan ini tempatnya...

Setahu saya pasar ini buka setiap jam 4 sore sampai jam 10 malam. Soalnya pada jam-jam tersebut akan dipasang tanda gak boleh lewat.

Dari jalan ini kita juga bisa melihat candi dan patung baru di sebelah utara. Katanya sih patung ini menjadi lambang dan sejarah kabupaten Jembrana.


Saya juga baru tahu kalau Jembrana sudah dilengkapi dengan fasilitas hotspot gratis. Gak tahu yang mana menaranya, yang ini mungkin yah?


Oya, saya ada sedikit tips nih buat temen-temen yang mau pakai hotspot Jembrana. Banyak temen saya mengeluh karena sinyalnya sudah terkoneksi tapi gak bisa browsing alias gak nyambung. Berikut ini 2 tips yang lumayan ampuh dan 98% work!

Kalau mau internetan, sebaiknya lakukan pada hari yang cerah.

Bagi temen-temen yang WIFInya kurang sensitif, sebaiknya duduk dan lakukan koneksi tepat di depan menara hotspot. Misalnya saja tempat favorit saya di dekat lampu hias nan teduh ini.
Gak usah ke warnet lagi deh, hehehe...

Itulah kira-kira sedikit gambaran tentang kabupaten Jembrana. Maaf kalau fotonya kurang jelas. Sebenarnya masih banyak lagi, tapi sayang saya gak sempat foto. Mungkin di lain kesempatan.

Ada yang mau berkomentar?

7 comments :

  1. adi jeg melah sajan. sing taen kemu melali bro. jeg pragat di padangbay dogen cang ngoyong. mataram padangbay pp
    huahuahua

    ReplyDelete
  2. @ jadul: melali nae, adi sing taen mai bin dul???

    ReplyDelete
  3. wah pas.... benar2 negare seutuhnya to, sampe nak senam falun gong baju kuning juga difoto..hehe

    salam kenal dari dauhwaru, bli!!

    ReplyDelete
  4. one day,i"l be back to jembrana,i"l be there for long time.i love bali verry much

    ReplyDelete
  5. wah...aku saking lmanya di Rantau sampe2 kurang tau perkmbngn Pembngunn,luarbiasa sngt drastis semoga Kota NEGARA semkin maju....nnti Pulkam aku luangin waktu untuk nyantai di tama....salam kenal Widia, Putra Berangbang""""

    ReplyDelete
  6. maaf sebelumnya, saya gede dari kesiman, denpasar. apa boleh saya minta salah satu foto taman pecangakan di blog ini? fotonya saya pakai untuk salah satu contoh setting lokasi naskah fiksi di tugas akhir yang sedang saya kerjakan.. mohon bantuannya bli..

    ReplyDelete

Ada pertanyaan serius? Ingin segera dijawab? Silakan ajukan pertanyaan sobat melalui halaman Contact Person atau via YM, thank!